Rabu, 14 Oktober 2015

Sekilas Tentang On-Shore Rig

On Shore Rig adalah suatu unit terinstalasi untuk melakukan pengeboran atau melakukan perawatan sumur minyak yang dilakukan pada daerah daratan. Rig ini bermacam type dan daya angkat atau horse power yang berbeda. Pada dunia drilling atau pengeboran, kekuatan rig ini mulai dari minimum 550 Horse Power hingga 2000 Horse Power.
Ada 2 type pada rig darat atau on shore rig. 

1. Mobile Rig.
Sesuai dengan namanya, rig jenis ini bisa bergerak cepat melakukan pemindahan lokasi pengeboran, karena rangkaian unit rig berada pada sebuah trailer yang dinamakan rig carrier. Sementara lantai meja bor atau yang dinamakan dengan rotary table, berada  terpisah dengan unit rangkaian menara pada rig carrier. 

Rig jenis ini cukup simple dan biaya operasional tidak terlalu besar. Yang mana pada trailer sudah terinstal engine berikut primover, drawwork, drilling line, unit menara, dan meja rack atau dalam dunia rig dinamakan monkey board.

Mobile rig dikelompokkan lagi menurut kegunaan dan kekuatan rig. Untuk pengerjaan perawatan sumur, rig yang digunakan hanya berkapasitas kecil mulai dari 250 HP sampai 450 HP saja.
Fungsi rig ini hanya sebagai rig service untuk perawatan sumur-sumur minyak. Rangkaian pipa yang di angkatnya pun berkisar sekitar 60 Pound atau sekitar 30 ton beban angkat (bisa lebih, namun bisa juga kurang) tergantung Horse Power rig dan spesifikasi dari pabrik pembuatannya. Biasanya akan tertera pada rig carrier sebuah chart yang menerangkan detail rig keseluruhan. Namun lazimnya, 
maksimum daya angkat rig ini mencapai 150 pound.

Rig ini juga bisa di gunakan untuk pengeboran. Namun hanya sebatas pengeboran tambahan atau pengeboran semen atau juga melakukan pengeboran benda jatuh dalam sumur yang menghambat laju operasi suatu sumur. Rig ini tidak lazim untuk melakukan operasi pengeboran sumur baru karena biasanya tak difasilitasi dengan meja putar dan kelly sebagai penggerak pipa yang meneruskan putaran dari meja putar. Rig ini lazim digunakan pada pengeboran ringan dengan menambah sebuah unit hydraulic swivel untuk memutar pipa.

2. Land Rig
Land rig adalah suatu unit rig yang membutuhkan perakitan ulang pada saat akan melakukan pengeboran. Pada umumnya, rig type ini memiliki kapasitas yang cukup besar mulai dari 1000 HP hingga 2000 HP. 

Rig ini setiap perpindahan lokasi semua unit yang terinstalasi akan di preteli satu persatu. Hal ini mengingat semua peralatannya memiliki beban angkat di atas 25 ton. Cukup berat bukan?
Bisa kita bayangkan jika satu unit rig terinstalasi dari pada rig ini berdiri, tentu memiliki beban yang sangat berat.

Rig ini berdiri pada sebuah sub base atau penopang keselurahan badan rig setinggi sekitar 8 meter dari tanah. Di atas sub base terbentang meja putar untuk semua aktifitas pengeboran dilakukan. Baru setelah itu berdiri di atas meja putar sebuah rangkaian menara bor yang kokoh dengan tinggi sekitar 35 meter (lebih kurang) dari meja putar. Sama seperti mobile rig, pada land rig pun terdapat chart spesifikasi rig dari pabrik pembuatan.

Dikalangan dunia drilling, rig type ini sudah termasuk rig besar yang bekerja pada pengeboran darat. Banyak orang mengincar untuk bisa andil bekerja pada rig ini. Karena disamping peralatan angkatnya yang familiar, tentu upah pekerja pun cukup lumayan.
Namun semakin besar sebuah rig, maka tingkat resiko kerjanya pun akan semakin tinggi. Mengingat peralatan pada type rig ini mayoritas berkapasitas besar.    

Tidak ada komentar:

Posting Komentar